5 Tips Mudah Memilih Oven Untuk Baking

ktivitas memanggang kue akan terasa menyenangkan apabila ditunjang dengan peralatan yang memadai dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan banyaknya varian oven yang tersebar di pasaran, mungkin akan membuat Anda menjadi bingung dalam menentukan oven mana yang cocok untuk digunakan.

Pertimbangan memilih oven tidak hanya karena faktor harga dan tampilan fisik oven saja, melainkan ada beberapa faktor lainnya yang perlu Anda ketahui untuk jangka panjang. Kerap sekali para bakers keliru dalam pemilihan oven karena kurangnya informasi terkait jenis-jenis oven yang sesuai dengan kebutuhan, spesifikasi fitur hingga keamanan pada penggunaan oven tersebut.

Berikut 5 tips mudah memilih oven untuk baking, antara lain:

Oven listrik, bisa dibilang merupakan oven yang paling praktis dan serbaguna. Karena tinggal mencolokkan ke sumber listrik lalu masukkan apa yang Anda inginkan untuk dipanggang. Oven ini dinilai praktis karena tidak perlu menjaga kestabilan pada suhu. Namun perlu diperhatikan untuk konsumsi daya listrik oven ini termasuk kategori yang memiliki daya watt cukup besar dengan kapasitas loyang yang kecil. Sehingga mayoritas pengusaha bakery mengalami kesulitan dalam penggunaan jangka panjang.

Oven gas otomatis yaitu gabungan dari oven gas dan listrik. Dimana oven ini untuk pembakaran utamanya menggunakan sumber dari gas LPG dan untuk control panel pengaturan suhu serta sistem alarm menggunakan tenaga listrik dengan daya yang cukup hemat. Memiliki pengaturan suhu dan sistem pemanasan atas bawah yang otomatis. Oven ini biasa dilengkapi pula dengan bermacam varian kapasitas 1 hingga 3 loyang, sehingga pengusaha bakery dengan bebas memilih oven kapasitas mana yang sesuai dengan kebutuhan produksinya. 

Mayoritas untuk para pemula di bidang bakery lupa akan pentingnya pertimbangan kapasitas oven yang ingin mereka pilih. Banyak diantaranya membeli oven dengan kapasitas kecil untuk produksi kue yang banyak, sehingga membuat proses produksinya menjadi tidak efisien karena membutuhkan waktu lama untuk memanggang roti dalam jumlah yang tidak sedikit. Makadari itu perlu juga Anda mengetahui apa saja kesalahan dalam penggunaan oven untuk mengantisipasi terjadinya kerusakan mesin atau kecelakaan selama pemakaian oven tersebut. 

Pertimbangkan kemudahan cara penggunaan dan perawatan oven:

Dalam menentukan oven mana yang ingin Anda pilih salah satu faktor cara mudah menggunakan oven agar kue matang sempurna menentukan kelancaran proses produksi roti dan kue Anda kedepannya. Karena apabila penggunaan terbilang sulit dan beresiko maka akan menghambat proses produksi dan pesanan pelanggan Anda. Tidak lupa untuk mempertimbangakan juga keawetan mesin oven dalam jangka panjang, maka kemudahan cara pembersihan oven anti karat juga menjadi faktor penting yang perlu diperhatikan. Karena yang dijual adalah produk makanan, selain soal rasa maka kebersihan (higenis) adalah syarat utama yang diinginkan oleh para konsumen.

Tersedianya kelengkapan fitur pada oven juga dapat menjadi pertimbangan dalam memilih oven mana yang sesuai dengan kebutuhan produksi Anda. Adanya pilihan oven deck yang memiliki pengapian pada bagian atas dan bawah oven, sangat dibutuhkan untuk memanggang roti agar matang sempurna.

Lalu adanya fitur thermo control dan alarm sistem yang memudahkan Anda dalam pengaturan suhu oven dan settingan alarm untuk mengetahui kapan roti atau kue Anda sudah matang dan siap untuk dikeluarkan dari oven. Dari segi pemakaian, oven ini lebih hemat dibandingkan oven lainnya karena memiliki fitur double solenoid valve untuk lebih hemat gas.

Terdapat glasswool, yaitu panas yang dihasilkan dari dinding oven agar tidak menyebar ke ruangan oven lainnya. Serta material body mesin full stainless steel, sehingga memiliki ketahanan mesin yang tinggi dan mampu bertahan lama tanpa menunjukkan tanda-tanda keausan atau penyusutan akibat pemakaian (anti karat). 

Pemilihan brand oven untuk investasi pada usaha bakery Anda, menjadi langkah kelima dalam penentu oven mana yang akan Anda beli. Berbagai sumber informasi yang bisa di dapatkan untuk mengetahui review pembelian mesin tersebut. Bisa didapatkan dari internet dan sosial media seperti; google, youtube, instagram, official marketplace bahkan bersumber dari worth of mouth (mulut ke mulut) seperti testimoni atau referensi langsung dari pelanggan lain yang pernah memakai brand oven tersebut sebelumnya.

Hal ini dapat menjadi faktor pembentukan brand image calon pengguna tersebut. Selain itu terdapat 3 hal yang perlu Anda ketahui sebelum membeli oven, salah satu contohnya yakni ketahanan mesin dan tersedianya garansi service menjadi value untuk brand itu sendiri.

Leave a Comment